Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_reshss@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW

Video

KAPOLRES TABALONG

Saturday, February 2, 2013

Satu Polisi untuk Satu Desa

TANJUNG,BPOST- Penempatan satu anggota polisi untuk satu desa akan dilakukan jajaran Polres Tabalong melalui program unggulan mereka Bhabinkamtibnas yang dilaunching, Kamis (31/1) pagi.

Dengan program ini, maka ada sekitar 131 orang anggota Polres Tabalong yang mendapat tugas baru untuk menjadi petugas Bhabinkamtibmas untuk 131 desa dan kelurahan di Tabalong.

Acara launching di aula Praja Utama Mapolres Tabalong yang dihadiri semua jajaran polres, unsur FKPD Tabalong, para camat dan pihak perusahaan ini, dibuka Dir Binmas Polda Kalsel, Kombes Pol Bambang Hermanto.



 Kapolres Tabalong, AKBP Didik Sudaryanto yang ditemui usai acara, mengatakan, program ini merupakan program yang coba diimplementasikan untuk menjawab dinamika yang berkembang di masyarakat.

Dengan begitu diharapkan bisa menciptakan rasa aman dan kehadiran polisi di desa bukan lagi menjadi momok bagi masyarakat di desa.

"Kalau desa yang ada niatan melakukan perbuatan yang menyamping memang akan merasa gerah, tapi yang ingin aman dan normal tentunya akan mereka akan mendukung," kata kapolres.

Untuk keberhasilan program ini sendiri, imbuhnya, juga diperlukan dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat itu sendiri.

Selain itu yang terpenting, pihaknya juga mempersiapkan betul-betul para bhabinkamtibnas dengan memberikan pembekalan secara khusus.

Pembekalan yang dilakukan dengan memberikan materi-materi terkait tugas mereka, seperti ilm cara komunikasi, psikologi interaksi dengan masyarakat, tentang agraria dan lannya.

"Jadi dengan begitu mereka diharapkan bisa mengatasi masalah-masalah yang ada, terutama terkait tata batas daerah," ujarnya.

Soalnya, berdasarkan informasi intelijen yang ada masih sangat banyak sengketa terkait tata batas, baik yang melibatkan antar warga, antar desa ataupun pihak lainnya.

Desa-desa yang rawan konflik seperti itu, tambah Didik, biasanya terjadi di daerah-daerah yang berbatasan dengan perusahaan dan perkebunan.

Meski begitu, mantan Kasubdit III Polda Kalsel ini, menegaskan kalau pihaknya tidak ada memberikan penekanan khusus kepada anggota bhabinkamtibnas yang nantinya bertugas di wilayah seperti itu. (dny)

Dir Binmas Polda Kalsel, Kombes Pol Bambang Hermanto didampingi Kapolres Tabalong, AKBP Didik Sudaryanto memukul gong tanda dimulainya pembekalan terhadap anggota Bhabinkamtibnas di aula praja utama mapolres Tabalong
dikirim oleh dony usman®
 
alt
 
alt
 
alt
***photo/doni/humas/bag ops***