Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_reshss@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW

Video

KAPOLRES TABALONG

Monday, April 4, 2016

OPERASI SIMPATIK INTAN 2016

Operasi Simpatik Intan 2016 yang dilakukan Oleh Polres Tabalong mulai Selasa  tanggal 1 Maret hingga 21 Maret 2016 , dimana Operasi tersebut dilakukan Dipenggal jalan kawasan tertib lalu Lintas sepanjang lebih kurang lebih 1 kilometer mulai jalan Ir.PHM Noor (simpang Sulingan), jalan Pahlawan hingga jalan Pangeran Antasari yang melintasi 2 kecamatan yaitu kecamatan Murung Pudak dan Kecamatan Tanjung yang di batasi dengan jembatan kembar sulingan ungkap  Kapolres Tabalong AKBP ZUHDI BATUBARA, S.IK melalui Kasat Lantas Polres Tabalong AKP FAUZAN ARIANTO, SH, S.IK .
"Dari sepanjang Jalur kawasan tertib lalu lintas yang ada di wilayah Tabalong, kami memusatkan perhatian penertiban di sepanjang 1 kilometer mulai jalan Ir.PHM Noor (simpang Sulingan), jalan Pahlawan hingga jalan Pangeran Antasari yang melintasi 2 kecamatan yaitu kecamatan Murung Pudak dan Kecamatan Tanjung yang di batasi dengan jembatan kembar sulingan “ Ungkap beliau saat wawancara dengan humas Polres Tabalong.
Pada kawasan tertib lalu lintas tersebut mulai dari pagi hingga malam hari, personil Satlantas Polres Tabalong yang di terbagi atas beberapa satuan tugas (satgas) yaitu satgas preemtif, satgas preventif ,satgas Represif, satgas Anev dan  posko melaksanakan Penjagaan, pengaturan dan patroli yang di tingkatkan tiga kali lipat intensitas nya dari hari biasa di luar operasi kepolisian simpatik Intan 2016. Dengan harapan pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut Aman dan selamat selama berkendara dan menumbuhkan kesadaran keselamatan dan tertib berlalu lintas.
Satuan lalu Lintas Polres Tabalong  memberikan himbauan keselamatan dan tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan misalnya mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi,memakaikan helm untuk anak-anak mereka dengan cara pembinaan dan penyuluhan menggunakan pengeras suara pada persimpangan yg ada Alat Pemberi Isyarat lalu Lintas (APILL) dan mobile menggunakan mobil Patroli satuan Lalu lintas, mensosialisasikan dengan ide unik yaitu berkeliling di atas mobil Trailer yang di pasangi spanduk-spanduk keselamatan berlalu lintas,pembagian leaflet, pemasangan X-Banner,Spanduk dan baliho, dan kunjungan ke sekolah-sekolah (Police go to school).

"Handphone saja di pasangkan pelindung, kenapa anak anda tidak di pasangkan helm”  begitulah salah satu kalimat yang di tuangkan oleh Kasat Lantas Polres Tabalong AKP FAUZAN ARIANTO, SH,S.IK pada beberapa pada X-Banner yang setiap hari di tampilkan saat pengaturan di simpangan jalan. 


Selama 21 hari waktu operasi tersebut,dibagi pada 3 tahapan kegiatan yang dilakukan dalam operasi ini. Pertama, kegiatan penegakan hukum berupa pelanggaran. Kedua, penjagaan di sekitar kawasan tertib lalu lintas. Terakhir, sosialisasi tentang tata cara tertib lalu lintas.

Hingga berakhirnya operasi tersebut pada tanggal 21 Maret 2016 jam 00.00 WITA, angka pelanggaran lalu lintas terjaring sebanyak 410 kasus yaitu 362 kasus di selesaikan dengan memberikan teguran tertulis dan 45 kasus dengan memberikan tilang.
Namun dari 410 kasus pelanggaran tersebut masih ditemukan 29 tilang yang melakukan pelanggaran tidak menggunakan Helm Ber SNI, yang mengindikasikan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan keselamatan berkendara.
“Kami tidak bosan-bosan nya selalu menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan  agar selalu tertib berlalu lintas sehingga tercipta keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas  di jalan raya, “menuju Indonesia Tertib,bersatu Keselamatan nomor 1” begitu pesan dari Kasat Lantas Polres Tabalong AKP FAUZAN ARIANTO, SH, S.IK..******ydh@satlantas*******