Hotline: 0517-21086, email: subbaghumas_reshss@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

PICTURE SLIDESHOW

Video

KAPOLRES TABALONG

Sunday, April 24, 2016

PENANGKAPAN PELAKU DI DUGA TINDAK PIDANA NARKOBA DI DESA TAMUNTI KECAMATAN PUGAAN KABUPATEN TABALONG

Dalam rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan Bersinar Intan 2016 guna menciptakan wilayah Hukum Polres Tabalong Bersih Sindikat Narkoba.

Dalam pelaksanaan tugas operasi ini, Kapolres AKBP Zuhdi Batubara, S.Ik membentuk 3 satgas berantas narkoba yang dikendalikan oleh Perwira Pengendali masing masing satgas. Selain itu juga Kapolres Tabalong perintahkan kepada Satuan Fungsi dan Polsek jajaran melalui Para Bhabinkamtibmas untuk mengampanyekan serta mensosialisasikan tentang bahaya narkoba ke pada masyarakat Kabupaten Tabalong guna menciptakan Tabalong Bebas dari Peredaran Narkoba selain itu juga menghimbau kepada Para Pecandu narkoba agar melaporkan diri ke Polres Tabalong maupun BNN Kabupaten untuk dilakukan Rehabilitasi.


Walaupun kegiatan Preemtif Operasi Bersinar Intan 2016 Polres Tabalong dilaksanakan setiap harinya, namun masih ditemukan Para Pelaku Tindak Pidana Narkoba di Wilayah Kabupaten Tabalong. Salah Satunya upaya Penangkapan Pelaku Tindak Pidana Narkoba di Desa Tamunti Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong oleh satgas berantas Narkoba Polres Tabalong yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba AKP Yudha. K. Pardede, SH, MH hari Rabu, tanggal 13 April 2016 jam 19.50 wita.


Pelaku berinisial ARUL, umur 44 Tahun Warga Desa Tamunti Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong. Barang Bukti yang diamankan berupa senjata tajam jenis belati beserta sarungnya, seperangkat alat menyabu yang masih tersisa serbuk bening di duga narkoba jenis sabu sabu di pipet kaca, 1 unit kendaraan R2 jenis Honda Vario Techno warna Hitam.

Upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Polres Tabalong terhadap pelaku, pelaku sempat berontak dan berikan perlawanan kepada petugas, akhirnya pelaku berhasil diamankan dan dilakukan penggeledahan badan didapati senjata tajam yang masih tersimpan dipinggang pelaku. Kemudian Pelaku diamankan di dalam Mobil Petugas , Petugas pun sebagian kewalahan mencari barang bukti narkoba diduga sempat dibuang oleh pelaku disekitar lokasi penangkapan. Dan akhirnya kendaraan roda dua milik pelaku digeledah dalam jok kendaraan didapati seperangkat alat menyabu yang masih tersisa serbuk bening diduga jenis sabu sabu di pipet kaca. Namun pelaku yang masih didalam mobil berontak kembali dan berusaha melarikan diri kembali dengan membuka pintu mobil dan berlari ke sungai hingga menceburkan diri ke dalam sungai.

Petugas sempat menyejar pelaku yang melakukan pencarian di sungai dan juga menghubungi Anggota yang ada di kantor Polres Tabalong dan Polsek Pugaan untuk membantu melakukan pencarian pelaku. Namun hasilnya pelaku masih belum ditemukan.

Polres Tabalong juga bekerja sama dengan Tim BNPD Tabalong, Kremsak Tabalong dan masarakat setempat untuk melakukan pencarian pelaku di lokasi sungai tersebut, sampai saat ini belum ditemukannya pelaku. Polres Tabalong dan Polsek Pugaan melakukan pendekatan terhadap keluarga pelaku, kiranya dapat menyerahkan keluarganya ke Polres Tabalong dikarenakan keluarganya tersebut merupakan Pelaku Tindak Pidana narkoba.

Saya selaku Kapolres Tabalong AKBP Zuhdi Batubara, S.Ik menyatakan bahwa tindakan penegakan hukum anggota saya saat berada dilapangan sudah sesuai Standar Operasional Prosedur. Anggota saya sudah berupaya untuk mengamankan pelaku, namun pelaku tetap berusaha berontak dan melarikan diri dan menceburkan dirinya ke dalam sungai. Pencarian pelaku masih berlangsung dan hasilnya pun belum ditemukan, mengingat situasi dan kondisi sungai tabalong saat ini cukup tinggi dan arusnya pun deras.

Kemudian pelaku yang berinisial ARUL adalah salah satu Target Operasi Bersinar Intan 2016 Polres Tabalong karena Pelaku merupakan pengedar narkoba jaringan kabupaten.

Saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tabalong. Ayoo Kita Berantas Narkoba, Karena Narkoba Dapat Merusak Generasi Bangsa dan Negara Indonesia. ***doni/humas/bagops***